RENCANA PELAKSANAAN
MICROTEACHING
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
BAHASA ARAB
TAHUN 2009-2010
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kealas/Semester : VIII/satu NIM :
Alokasi Waktu : 1
x 35 menit Kelas
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Standar
Kompetensi : 1. Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog sederhana tentang .
انشطتي
في البيت
Kompetensi Dasar : 1. 1. Melafalkan, menemukan
makna, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang . انشطتي في البيت
dengan menggunakan
struktur kalimat / jumlah fi’liyah
Indikator : 1. 1. 1. Siswa
mampu membaca bahan qira’ah tentang انشطتي في البيت dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
1. 1. 2. Siswa mampu menerjemahkan terkait
bahan qira’ah انشطتي في البيت dengan baik dan benar
1. 1. 3. Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai kandungan bahan
qira’ah انشطتي
في البيت dengan benar
1. 1. 4. Siswa mampu menemukan kalimat sederhana yang
menggunakan struktur jumlah fi’liyah dalam bacaan انشطتي في البيت
Materi
Pokok : Memahami
bacaan tentang انشطتي في البيت
A. KEGIATAN AWAL
No
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
STRATEGI
|
WAKTU
|
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
|
1.
|
·
Menciptakan lingkungan kelas
G : (masuk ruang kelas dan
meletakkan buku di atas meja kemudian
mengucapkan salam)
"السلام عليكم ورحمة الله وبركاته"
M : "وعليكم
ورحمة الله وبركاته"
G :"
صباح الخير"
M : "صباح النور"
G :
حالكم؟ كيف
M : .......
G :ماذا درسكم الآن ؟
M : الآن اللغة العربيّةدرسنا
G
: Baik, marilah kita mulai pelajaran hari ini
dengan bacaan basmalah
M
: بسم
الله الرحمن الرحيمم
G : Semoga dengan bacaan basmalah tadi,
kegiatan belajar mengajar dapat
berjalan
dengan lancar. Amin.
|
Tanya Jawab
|
5 menit
|
Buku paket Bahasa Arab dan
bolpoin
|
2.
|
·
Appersepsi dengan cara tanya
jawab.
G : Sebelum kita masuk pada materi pelajaran
hari
ini saya ingin bertanya tentang materi
pelajaran minggu lalu, masih ingat kan?
sudah
belajar tadi malam
G : “pada minggu lalu kita mempelajari
tentang
Apa?”
M : ....
|
Inquiring minds want to know
|
|
|
3.
|
·
Penyampaian bahan pengait/
appesrsepsi
G : Baiklah, sekarang kita masuk pada materi
baru,
tapi sebelumnya saya akan bertanya
terlebih dahulu !
تستيقظ من النوم ؟ انت !متي
انت ! ماذا تعمل بعد صلاة
الصبح ؟
انت ! فى ايّ ساعة تتناول
الفطور؟
(guru sambil menjelaskan mufrodat baru terkait
pertanyaan yang diberikan)
|
Tanya jawab
|
|
|
B .
KEGIATAN INTI
NO IND
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
STRATEGI
|
SISTEM
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER
/ BAHAN / ALAT
|
|
JENIS
KEGIATAN
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
|||||||
1 .1 .1
|
Siswa
mampu membaca bahan qira’ah tentang انشطتي في
البيت dengan lafal dan intonasi yang
baik dan benar
|
Qira’ah
tentang انشطتي
في البيت
|
·
Guru membaca teks bacaan
kemudian siswa mengulangi bacaan
G : (membaca) teks bacaan dan siswa menyimak)
“Sekarang silahkan satu persatu membaca yang lain
memperhatikan.”
M : (membaca teks bacaan)
G: (Menanyakan mufrodat yang belum diketahui artinya
kemudian guru menulis dipapan tulis sambil melafalkan mufrodat tersebut
bersama - sama)
|
Reading
Aloud
|
Tugas
individu
|
Performance
/ membaca
|
7 menit
|
Buku
paket bahasa Arab kelas VIII
|
1 . 1 .
2
|
Siswa
mampu menerjemahkan bacaan terkait bahan qira’ah انشطتي في البيت
|
Qira’ah
tentang انشطتي
في البيت
|
Guru
menjelaskan isi bahan qira’ah
G : (
Membagi siswa berkelompok , setiap kelompok terdiri dari 3 anak , kemudian
siswa diminta untuk berdiskusi guna menerjamahkan teks bacaan ) ” Silahkan
setiap kelompok dari kalian menerjemahkan teks bacaan jika ada yang sudah
selesai silahkan dibaca, kelompok pertama yang membaca mendapat nilai plus “
M : (
Berdiskusi bersama )
G : “
Ayo siapa yang sudah selesai?
M : (
Membaca hasil diskusi )
G :
(Membetulkan apabila ada susunan terjemahan yang salah)
|
Active
knowledge sharing
|
Tugas
kelompok
|
Menerjemah
|
10
menit
|
Buku
paket
|
1 . 1 .
3
|
Siswa
mampu menjawab pertanyaan mengenai kandungan bahan qira’ah انشطتي في
البيت
|
Qira’ah
tentang انشطتي
في البيت
|
Evaluasi
tentang isi qira’ah
G : (
membagikan potongan kertas yang berisi pertanyaan kepada siswa kemudian siswa
menulisnya dipapan tulis beserta jawabannya)
. “
silahkan kertas yang ada ditangan dibaca, semuanya berisi pertanyaan, carilah
jawabannya dibacaan kemudian tulis dipapan tulis satu persatu.
M :(
mengerjakan dan maju kedepan menulis pertanyaan dan jawaban )
|
Card
short
|
Tugas
individu
|
Essay
|
7 menit
|
Potongan
kertas, buku paket, bolpoin, papan tulis
|
1.
1. 4
|
Siswa
mampu menemukan kalimat sederhana yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah
dalam bacaan انشطتي
في البيت
|
Qira’ah
tentang نشاطتي
في البيت
|
Evaluasi
tentang jumlah fi’liyah
G : (
Guru menjelaskan susunan jumlah fi’liyah )
“ Silahkan kalian cari dalam teks bacaan
kalimat yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah “
M : (
Mencari kalimat yang mengandung struktur
jumlah fi’liyah )
G :
Sekarang tulislah dipapan tulis
kalimat jumlah fi’liyah yang sudah kalian temukan
|
Ceramah
|
Tugas
individu
|
Mencari
jawaban
|
5 menit
|
Buku
paket bahasa Arab
|
C. KEGIATAN PENUTUP
NO
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
STRATEGI
|
WAKTU
|
SUMBER/BAHAN/
ALAT
|
1
2.
|
§ Refleksi
G
: “Dari materi yang kita pelajari hari ini kita peroleh kesimpulan bahwa :
1.
Kegiatan yang paling baik
setelah sholat shubuh adalh membaca Al – qur’an
2.
Kapanpun waktunya seorang
pelajar harus belajar atau mengulang pelajaran yang dilakukan Sulaiman pada
sore hari dalam bacaan
3.
Jumlah fi’liyah adalah
kalimat yang terdiri fi;il, fa’il, dan maf’ul
§ Penutup
G : “Berhubung waktu sudah habis, sampai disini
dulu pelajaran kita hari ini dan kita akan bertemu lagi minggu yang akan
datang.Semoga apa yang kita pelajari pada hari ini bisa bermanfaat, yang
penting banyak dibaca dan diulang – ulang. Marilah kita tutup pelajaran ini
dengan bacaan Hamdalah”
والسلام عليكم ورحمة الله
وبركاته.......................
|
ceramah
|
5 menit
|
Buku paket Bahasa Arab
kelas VIII
|
Dosen Pembimbing Ponorogo, 11 Mei 2010
Mahasiswa
Peserta Microteaching
YUFRIDAL FITRI M. Pd. I UNUN HIDAYATUL YANAH
NIM. 210507005
INSTRUMEN PENILAIAN MASING – MASING INDIKATOR
1.1.1 Siswa mampu membaca bahan qira’ah tentang انشطتي في
البيت dangan lafal dan intonasi yang
baik dan benar
Materi
: Qira’ah tentang انشطتي
في البيت
Jenis
tagihan : Tugas individu
Bentuk
Soal : Terlampir ( teks bacaan )
1.1.2. Siswa
mampu menerjemahkan terkait bahan qira’ah
انشطتي
في البيت dengan baik dan benar
Materi : Qira’ah tentang انشطتي في
البيت
Jenis tagihan : Tugas kelompok
Bentuk
Soal : Menerjemahkan bacaan dalam buku paket
Jawaban :
Pada hari jum’at Sulaiman bangun tidur pagi –
pagi sekali yaitu pukul 5 pagi. Sulaiman berwudlu’ kemudian sholat shubuh dan
membaca Al – qur’an . Pukul 9 Sulaiman sarapan bersama keluarganya.
Setelah sarapan Sulaiman membaca Koran dan diwaktu
dluhur pergi kekamar mandi untuk mandi dengan air dan sabun. Setelah itu
Sulaiman wudlu’ lalu pergi bersam ayahnya ke measjid untuk sholat jum’at.
Dimasjid Sulaiman mendengarkan dua khotbah imam lalu sholat jum’at. Diwaktu
ashar Sulaiman berkunjung kerumah temannya dan bermain basket bersama mereka.
Setelah sholat maghrib keluarganya duduk ditaman dan
makan manisan dan minum teh. Disore hari Sulaiman mengulang pelajarannya
kemudian menyaksikan pertandingan sepak bola di tv. Di hari jum’at Sulaiman
tidur lebih akhir yaitu pukul 11 malam.
1.1.3. Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai
kandungan bahan qira’ah dengan benar
Materi :
Qira’ah tentang انشطتي
في البيت
Jenis
tagihan : Tugas individu
Bentuk
Soal :
ا متي يستيقظ سليمان يوم الجمعة ؟
ب متي
يتنا ول سليمان الفطور مع عائلته ؟
ج مادا
يفعل سليما ن في العصر?
د متي
ينام سليمان في الليل ؟
Jawaban :
ا يستيقظ
سليمان يوم الجمعة مبكرافي الساعة الخامسة صباحا
ب يتنا ول
سليمان الفطور مع عائلته في الساعة التاسعة
ج في
العصر يزور سليمان اصدقائه ويلعب معهم كرة السلة
د ينام سليمان في الليل في الساعة الحادية عشرة
1.1.4
Siwa mampu menemukan kalimat sederhan
yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah dalam bacaan انشطتي في البيت
Materi : Qira’ah tentang انشطتي في
البيت
Jenis Tagihan
: Tugas individu
Bentuk Soal :
Carilah kalimat dalam bacaan yang menggunakan struktur jumlah fi’iyah
Jawaban
:
ا يستيقظ
سليمان يوم الجمعة مبكرا
ب يصلي
سليمان الصبح
ج يقرأ
سليمان القرأن
pr941 cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys,cheap nfl jerseys xq225
BalasHapus