http://exhodjahyo22.blogspot.co.id/ OJO LALI PINARAK MALIH BLOG MAS KODOK MALIH

Selasa, 11 Oktober 2016

CONTOH RPP PROGRAM STUDY BAHASA ARAB



RENCANA PELAKSANAAN MICROTEACHING
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
TAHUN 2009-2010

Mata Pelajaran             : Bahasa Arab                                              
Kealas/Semester           : VIII/satu                                                        NIM                             :
Alokasi Waktu              : 1 x 35 menit                                                 Kelas                           
Satuan Pendidikan       : Madrasah Tsanawiyah                                              
Standar Kompetensi                 : 1.      Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang . انشطتي في البيت
Kompetensi Dasar                   : 1. 1. Melafalkan, menemukan makna, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang . انشطتي في البيت                                                                dengan menggunakan struktur kalimat / jumlah fi’liyah   
Indikator                                  : 1. 1. 1. Siswa mampu membaca bahan qira’ah tentang انشطتي في البيت dengan lafal dan intonasi yang baik dan                      benar
                                                  1. 1. 2. Siswa mampu menerjemahkan terkait bahan qira’ah  انشطتي في البيت dengan baik dan benar
                                                   1. 1. 3. Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai kandungan bahan qira’ah انشطتي في البيت dengan benar
              1. 1. 4. Siswa mampu menemukan kalimat sederhana yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah dalam bacaan انشطتي في البيت                                                    
Materi Pokok                           : Memahami bacaan tentang  انشطتي في البيت








A. KEGIATAN AWAL
No
DESKRIPSI KEGIATAN
STRATEGI
WAKTU
SUMBER/ BAHAN/ ALAT
1.
·            Menciptakan lingkungan kelas
G : (masuk ruang kelas dan meletakkan buku di       atas meja kemudian mengucapkan salam)
"السلام عليكم ورحمة الله وبركاته"
M : "وعليكم ورحمة الله وبركاته"
G :" صباح الخير"
      M : "صباح النور"
      G :   حالكم؟ كيف
      M : .......
     G :ماذا درسكم الآن ؟
     M :  الآن اللغة العربيّةدرسنا
     G  : Baik, marilah kita mulai pelajaran hari ini
           dengan bacaan basmalah
     M  : بسم الله الرحمن الرحيمم
     G : Semoga dengan bacaan basmalah tadi,
           kegiatan belajar mengajar dapat berjalan
           dengan lancar. Amin.

Tanya Jawab
5 menit

Buku paket Bahasa Arab dan bolpoin
2.
·            Appersepsi dengan cara tanya jawab.
G : Sebelum kita masuk pada materi pelajaran
      hari ini saya ingin bertanya tentang materi
      pelajaran minggu lalu, masih ingat kan?
      sudah belajar tadi malam
G : “pada minggu lalu kita mempelajari tentang 
        Apa?”
     M : ....
Inquiring minds want to know


3.
·            Penyampaian bahan pengait/ appesrsepsi
G : Baiklah, sekarang kita masuk pada materi
      baru, tapi sebelumnya saya akan bertanya
      terlebih dahulu !
 تستيقظ من النوم ؟                                      انت !متي
انت ! ماذا تعمل بعد صلاة الصبح  ؟ 
انت ! فى ايّ ساعة تتناول الفطور؟
(guru sambil menjelaskan mufrodat baru terkait pertanyaan yang diberikan)                                
Tanya jawab









B . KEGIATAN INTI
NO IND
INDIKATOR
MATERI
DESKRIPSI KEGIATAN
STRATEGI
SISTEM PENILAIAN
WAKTU
SUMBER / BAHAN / ALAT
JENIS KEGIATAN
BENTUK INSTRUMEN
1 .1 .1
Siswa mampu membaca bahan qira’ah tentang  انشطتي في البيت dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar
Qira’ah tentang انشطتي في البيت
·            Guru membaca teks bacaan kemudian siswa mengulangi bacaan
G : (membaca) teks bacaan dan siswa menyimak)
“Sekarang silahkan satu persatu membaca yang lain memperhatikan.”
      M : (membaca           teks bacaan)
      G: (Menanyakan       mufrodat yang          belum diketahui artinya kemudian guru menulis dipapan tulis sambil melafalkan mufrodat tersebut bersama - sama)
Reading Aloud
Tugas individu
Performance / membaca
7 menit
Buku paket bahasa Arab kelas VIII
1 . 1 . 2
Siswa mampu menerjemahkan bacaan terkait bahan qira’ah انشطتي في البيت
Qira’ah tentang انشطتي في البيت
Guru menjelaskan isi bahan qira’ah
G : ( Membagi siswa berkelompok , setiap kelompok terdiri dari 3 anak , kemudian siswa diminta untuk berdiskusi guna menerjamahkan teks bacaan ) ” Silahkan setiap kelompok dari kalian menerjemahkan teks bacaan jika ada yang sudah selesai silahkan dibaca, kelompok pertama yang membaca mendapat nilai plus “
M : ( Berdiskusi bersama )
G : “ Ayo siapa yang sudah selesai?
M : ( Membaca hasil diskusi )
G : (Membetulkan apabila ada susunan terjemahan yang salah)
Active knowledge sharing
Tugas kelompok
Menerjemah
10 menit
Buku paket
1 . 1 . 3
Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai kandungan bahan qira’ah انشطتي في البيت
Qira’ah tentang انشطتي في البيت
Evaluasi tentang isi qira’ah
G : ( membagikan potongan kertas yang berisi pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menulisnya dipapan tulis beserta jawabannya)
. “ silahkan kertas yang ada ditangan dibaca, semuanya berisi pertanyaan, carilah jawabannya dibacaan kemudian tulis dipapan tulis satu persatu.
M :( mengerjakan dan maju kedepan menulis pertanyaan dan jawaban )
Card short
Tugas individu
Essay
7 menit
Potongan kertas, buku paket, bolpoin, papan tulis
1.      1. 4
Siswa mampu menemukan kalimat sederhana yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah dalam bacaan انشطتي في البيت
Qira’ah tentang نشاطتي في البيت
Evaluasi tentang jumlah fi’liyah
G : ( Guru menjelaskan susunan jumlah fi’liyah )
 “ Silahkan kalian cari dalam teks bacaan kalimat yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah “
M : ( Mencari kalimat         yang mengandung struktur jumlah fi’liyah )
G : Sekarang tulislah     dipapan tulis kalimat    jumlah fi’liyah yang   sudah kalian temukan
Ceramah
Tugas individu
Mencari jawaban
5 menit
Buku paket bahasa Arab





C. KEGIATAN PENUTUP
NO
DESKRIPSI KEGIATAN
STRATEGI
WAKTU
SUMBER/BAHAN/ ALAT
1









2.


§  Refleksi
G : “Dari materi yang kita pelajari hari ini kita peroleh    kesimpulan bahwa :
         1.         Kegiatan yang paling baik setelah sholat shubuh adalh membaca Al – qur’an
         2.         Kapanpun waktunya seorang pelajar harus belajar atau mengulang pelajaran yang dilakukan Sulaiman pada sore hari dalam bacaan
         3.         Jumlah fi’liyah adalah kalimat yang terdiri fi;il, fa’il, dan maf’ul
§  Penutup
G : “Berhubung waktu sudah habis, sampai disini dulu pelajaran kita hari ini dan kita akan bertemu lagi minggu yang akan datang.Semoga apa yang kita pelajari pada hari ini bisa bermanfaat, yang penting banyak dibaca dan diulang – ulang. Marilah kita tutup pelajaran ini dengan bacaan Hamdalah”
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.......................
ceramah
5 menit
Buku paket Bahasa Arab kelas VIII

          

      Dosen Pembimbing                                                                                                            Ponorogo, 11 Mei 2010
                                                                                                                                                Mahasiswa Peserta Microteaching
                                                                                                                                                           
 YUFRIDAL FITRI M. Pd. I                                                                                             UNUN HIDAYATUL YANAH                                             
                                                                                                                                                          NIM. 210507005


INSTRUMEN PENILAIAN MASING – MASING INDIKATOR

1.1.1 Siswa mampu membaca bahan qira’ah tentang انشطتي في البيت dangan lafal dan intonasi yang baik dan benar
          Materi : Qira’ah tentang انشطتي في البيت
          Jenis tagihan : Tugas individu
          Bentuk Soal : Terlampir ( teks bacaan )

 1.1.2. Siswa mampu menerjemahkan terkait bahan qira’ah  انشطتي في البيت dengan baik dan benar
           Materi : Qira’ah tentang انشطتي في البيت
           Jenis tagihan : Tugas kelompok
           Bentuk Soal : Menerjemahkan bacaan dalam buku paket

           Jawaban :
                Pada hari jum’at Sulaiman bangun tidur pagi – pagi sekali yaitu pukul 5 pagi. Sulaiman berwudlu’ kemudian sholat shubuh dan membaca Al – qur’an . Pukul 9 Sulaiman sarapan bersama keluarganya.
               Setelah sarapan Sulaiman membaca Koran dan diwaktu dluhur pergi kekamar mandi untuk mandi dengan air dan sabun. Setelah itu Sulaiman wudlu’ lalu pergi bersam ayahnya ke measjid untuk sholat jum’at. Dimasjid Sulaiman mendengarkan dua khotbah imam lalu sholat jum’at. Diwaktu ashar Sulaiman berkunjung kerumah temannya dan bermain basket bersama mereka.
               Setelah sholat maghrib keluarganya duduk ditaman dan makan manisan dan minum teh. Disore hari Sulaiman mengulang pelajarannya kemudian menyaksikan pertandingan sepak bola di tv. Di hari jum’at Sulaiman tidur lebih akhir yaitu pukul 11 malam.




1.1.3. Siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai kandungan bahan qira’ah dengan benar
         Materi : Qira’ah tentang انشطتي في البيت
          Jenis tagihan : Tugas individu
          Bentuk Soal :
 ا متي   يستيقظ سليمان يوم الجمعة ؟
ب متي يتنا ول سليمان الفطور مع عائلته ؟
ج مادا يفعل سليما ن في العصر?
د متي ينام سليمان في الليل ؟
                      Jawaban :
ا يستيقظ سليمان يوم الجمعة مبكرافي الساعة الخامسة صباحا
ب يتنا ول سليمان الفطور مع عائلته في الساعة التاسعة
ج في العصر يزور سليمان اصدقائه ويلعب معهم كرة السلة
د  ينام سليمان في الليل في الساعة الحادية عشرة

1.1.4              Siwa mampu menemukan kalimat sederhan yang menggunakan struktur jumlah fi’liyah dalam bacaan انشطتي في البيت
                      Materi : Qira’ah tentang انشطتي في البيت
                      Jenis Tagihan : Tugas individu
                      Bentuk Soal : Carilah kalimat dalam bacaan yang menggunakan struktur jumlah fi’iyah
                      Jawaban :
ا يستيقظ سليمان يوم الجمعة مبكرا
ب يصلي سليمان الصبح
ج يقرأ سليمان القرأن






1 komentar: