http://exhodjahyo22.blogspot.co.id/ OJO LALI PINARAK MALIH BLOG MAS KODOK MALIH

Kamis, 06 Oktober 2016

makalah PROGRAM PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL 2007



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Di zaman modern ini manusia tidak bias lepas dari kemajuan teknologi yang semakin pesat. Diantaranya adalah perkembangan dunia computer ,yang didalamnya tersedia berbagai macam programdan layanan, seperti internet dan lain lain, tidak terkecuali program Microsoft Excel.
Program program tersebut sangat vital bagi seluruh aktivitas manusia terutama di bidang pendidikan, dan perkantoran. Tidak hanya itu, bahkan didesapun sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi computer dalam kehidupan, bahkan menjadikanya gaya hidup. Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang “ PROGRAM PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL 2007 ”.
             Dalam paper ini banyak sekali kelemahan dan kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang akan membawa pada perbaikan sangat penyusun harapkan .Akhiru al-kalam semoga paper ini dengan segala kekurangannya dapat bermanfaat dan memberi pengetehuan bagi par pembaca.Amiin.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang paper ini dan untuk mempermudah pembaca dalam memahami karya tulis ini maka penulis memberikan pembatasan masalah tentang yang akan kami bahas dalam paper ini yaitu:
1.      Bagaimana cara kerja Microsoft Excel 2007 ?
2.      Apa saja fasilitas yang terdapat pada Microsoft Excel 2007 ?
3.      Bagaimana cara penggunaan rumus dan fungsi aplikasi Microsoft Excel 2007 ?
C.    Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan yang ingin penulis capai melalui paper yang berjudul “Peran Islam dalam Proses Integrasi Bangsa Indoneisia” ini adalah untuk mengetahui hal-hal berikut:
1.      Untuk mengetahui cara kerja Microsoft Excel 2007
2.      Untuk mengetahui fasilitas yang terdapat pada Microsoft Excel 2007
3.      Untuk mengetahui cara penggunaan rumus dan fungsi aplikasi Microsoft Excel 2007

D.    Jenis Penelitian
Dalam penyusunan paper ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu suatu usaha mengumpulkan sumber data yang relevan melalui buku-buku yang ada kaitannya dengan pembahasan paper ini juga ditambah dari internet.
E.     Metode Pengumpulan Data
Sesuai dengan jenis penelitian yang penulis gunakan dalam menyusun paper ini, maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu dengan memanfaatkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, dengan cara membaca, menelaah, kemudian menyimpulkan data sehingga menjadi bahan bacaan yang layak untuk di baca oleh para pembaca.
F.     Metode Analisis Data
Untuk menganalisis data yang berkumpul dalam rangka memudahkan pembahasan paper penulis menggunakan metode sebagai berikut:
1.         Metode Induktif : yaitu pola menganalisa dari hal-hal yang bersifat khusus, kemudian menguraikannya secara umum.
2.         Metode Deduktif : yaitu menganalisa permasalahan yang bertolak dari hal-hal yang bersifat umum kemudian menyimpulkan lebih khusus.
G.    Sistematika
Dalam pembahasan paper ini penulis menggunakan sistematika pembahasan sebagai berikut :
BAB I      : PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan pembahasan, metode penelitian, jenis penelitian, metode pengumpulan data, sistematika pembahasan.

BAB II     : MICROSOFT EXCEL
Dalam BAB ini dibahas tentang pengertian Microsoft Excel, sejarah Micrrosoft Excel, dan pengertian Microsoft Excel 2007..
BAB III   : PROGRAM PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL 2007
Dalam BAB ini menjelaskan tentang cara kerja Microsoft Excel 2007, fasilitas yangterdapat pada Microsoft Excel 2007,dan penggunaan rumus dan fungsi aplikasi Microsoft Excel 2007.
.
BAB IV   : KESIMPULAN
Dalam BAB ini berisi tentang kesimpulan saran-saran dan penutup.
















BAB II
MICROSOFT EXCEL
A.    Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan salah satu program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau dikenal dengan istilah spreadsheet.Program Microsoft Excel adalah aplikasi computer yang digunakan untuk mengolah data angka.
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar spreadsheetyang dibuat, dan didistribusikanyang dibuat, dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk system oprasi Microsoft Windows dan macros.aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi, dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program computer yang popular digunakan didalam computer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis windows maupun platform macintosh berbasis mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.
Dengan menggunakan Excel seseorang dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Dalam perkembanganya Microsoft Excel saat ini juga mempunyai fitur tambahan, diantaranya dapat digunakan membuat grafik, menganailsis data, dan lain lain.
B.     Sejarah Microsoft Excel
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi windowsnya menyusul (dinomori 2.0)  pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk windows, dan pada tahun tersebut Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS.Pada tahun 1998, Excel pun mulai menggeser Lotus 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk computer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai competitor yang sangat kuat bagi Lotus 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkanya lebih baik lagi, Microsoft dengan keunggulanya rata-rata merilisversi Excel baru tiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk windows terakhir adalah Microsoft Excel 2010,sementara untuk Macintosh ( Mac OS X), Versi terakhirnya Microsoft Excel 2004.
Excel menawarkan banyak keunggulan antar muka jika disbanding dangan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak yangterkenal pertama kali) sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau resensi relative terhadap sel lainya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan penggguna untuk mendefinisikan bagaiman tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting. Excel juga menawarkan perhitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut sajayang akan diperbaharui nilainya (dimana program-program spreadsheetakan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna).Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali di bundle kedalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word, dan Microsoft Power Point untuk mencocokkan dangan tampilan Microsoft Excel,yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai. Saat ini aplikasi yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Excel 2007.
C.    Pengertian Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel 2007 adalah suatu paket program pengolah angkayang paling popular dan sangat mudah digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka.Dibandingkan dengan Microsoft Excel 2003 terdapat banyak perubahan pada tampilan Microsoft Excel 2007, terutama pada ikon grafikal. Sehingga memerlukan waktu ekstra untuk dapat mengklik kembali fungsi-fungsi vital program aplikasi ini.
Microsoft Excel 2007 hadir dengan menambahkan berbagai fitur baru. Fitur baru tersebut diantaranya adalah desain jendela atau antarmuka (interface) Excel, jumlah kolom dan baris yang lebih banyak, format file baru, penulisan formula yang lebih mudah, pengurutan dan penyaringan data yang canggih, tampilan grafik yang lebih baik, PivotTable yang lebih mudah digunakan dan sebagainya.


           


















BAB III
Program pengolah angka Microsoft Excel 2007.  
A.    Memulai MicrosoftExcel 2007
1.      Menggunakan start menu
Klik tombol start →All Programs → Microsoft Office → klik Microsoft Office Excel 2007
2.      Menggunakan ikon pada layar desktop
Klik ikon Microsoft Excel 2007 pada layar desktop, lalu tekan enter atau lakukan dengan double klik pada ikon tersebut
3.      Menggunakan fasilitas run program
Klik start menu → klik run, maka dialog Run akan di tampilkan ketik Excel, kemudian tekan OK, atau klik tombol Browse untuk mencari lokasi dimana ikon Microsoft Excel berada, kemudian klik OK.
B.     Fasilitas yang ada pada Microsoft Excel 2007
1.      Tampilan menu yang sederhana dan praktis yang semakin memudahkan seseorang dalam mengoprasikan Microsoft Excel 2007
2.      Microsoft Excel 2007 membuat seseorang lebih leluasa dalam menjelajah banyak data dalam worksheet karena Microsoft Excel 2007 menyediakan 1.084.576 baris, dan 16.384 kolom. Maka, Microsoft Excel 2007 memiliki 1500% baris, dan 6300% kolom lebih banyak dari Microsoft Excel 2003.
3.      Performa manajemen memori Microsoft Excel 2007 mencapai 2 GB.
4.      Microsoft Excel 2007 mendukung dual processor, dan chipet multithread sehingga anda dapat melakukan kalkulasi dalam jumlah besar, dan dalam waktu yang singkat.
5.      Terdapat conditional formatting untuk mempermudah penandaan secara visual untuk keperluan analisis dan presentasi data.
6.      Tampilan grafik baru yang mempunyai efek-efek tiga dimensi, transparansi, dan bayangan obyek.
7.      Dapat menggunakan PivotTable dengan lebih mudah.
8.      Terdapat file format office open XML yang digunakan untuk memfasilitasi integrasi dengan sumber daya eksternal dan mempunyai kemampuan mengurangi ukuran file serta perbaikan dalam recovery
9.      Terdapat fitur sharig antar aplikasi office, sehingga seseorang dapat megcopy, dan paste dari satu program ke program lain.
10.  Penulisan formula yang lebih mudah.
11.  Fungsi autocomplete yang dapat menuliskan sintak sintak rumus dengan tepat.
12.  Terdapat rumus OLAP (On Line Analithycal Processing)
13.  Microsoft Excel 2007 mempunyi kompatibilitas yang baik dengan versi sebelumya, sehingga dapat dibuka di versi sebelumnya tanpa harus meng-update atau menginstal.
C.     Penggunaan rumus dan fungsi aplikasi Microsoft Excel 2007
1.      Pengertian rumus dan fungsi.
Perhitungan di Excel dilakukan dengan menggunakan formula (rumus). Rumus yang dimasukkan ke sebuah sel selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=). Tanda ini menandakan bahwa karakter yang dimasukkan adalah rumus.
Fungsi adalah perintah Excel yang didefinisikan untuk mewakili rumus-rumus.Fungsi membuat penulisan rumus-rumus yang panjang menjadi lebih sederhana dan mudah. Sebagai contoh seseorang ingin menghitung jumlah data yang terdapat di sel A1 sampai A100, jika menggunakan rumus maka penulisan rumusnya =A1+A2+…+A100. Namun, jika ditulis menggunakan fungsi maka penulisanya =SUM(A1:A100). Cukup simple bukan.
Fungsi dalam Microsoft Excel dikelompokkan berdasar tipe-tipe dat yang diolah, yaitu sebagai berikut:
a.       Data string atau data karakter
yaitu data yang berupa abjad dan angka yang tidak di kalkulasi secara matematis.
b.      Data numeric atau data angka
c.       Data tanggal atau data waktu
d.      Data logical
yaitu data yang hanya memilikidua nilai yaitu TRUE dan FALSE berdasarkan suatu kriteria
2.      Contoh Penerapan rumus dan fungsi Microsoft Excel 2007 dalam kehidupan sehari-hari.


BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dari pembahasan di depan dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Cara membuka program Microsoft Excel 2007 dapat dilakukan dengan menggunakan 3 cara, yaitu menggunakan start manu, dengan fasilitas ikon desktop, dan menggunakan fasilitas run program.
2.      Microsoft Excel 2007 memiliki banyak keunggulan yang memudahkan seseorang dalam menggunakan program tersebut.
3.      Penggunaan rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel 2007 sangat memudahkan pengguna program terutama dalam hal perhitungan dan logika.
B.     Saran-saran.
1.      Sebelum menutup program Microsoft Excel 2007 untuk tidak lupa menyimpan data terlebih dahulu.
2.       



C.      Penutup
Dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada penulis, akhirnya paper ini dapat terselesaikan dengan baik walaupun dengansusah payah. Penulis menyadari bahwa dalam menyusun paper ini masih banyak kesalahan dan kekurangan karena keterbatasan pengetahuan yang penulis miliki.
Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan karya tulis ini, dan demi kemajuan pola pikir penulis dalam masa yang akan datang.         
Akhirnya penulis hanya bisa mengharap semoga karya ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.Amien.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar